Minggu, 26 April 2020

Mengulik Fakta Menarik Gunung Rinjani

Keindahan Gunung Rinjani berhasil menarik orang untuk datang berkunjung. Tidak cuma pendaki gunung saja yang terhipnotis keindahan Rinjani, mereka yang awam dalam pendakian pun ikut terpesona mengagumi keindahannya. Lebih membanggakan lagi, magnet Gunung Rinjani sanggup menarik banyak turis asing. Mengapa? Simak beberapa faktanya berikut ini.

1. Termasuk dalam Seven Summits

Dengan ketinggian 3.726 mdpl di atas permukaan laut, spot wisata alam ini dinobatkan sebagai gunung tertinggi ketiga di Indonesia. Gunung ini menjadi gunung tertinggi nomor ketiga setelah Gunung Kerinci dan Gunung Cartenz.
Jika berhasil menaklukan puncak Rinjani, anda akan mampu melihat kaki langit yang menjulang tinggi ke atas tanpa batas. Selain itu juga dari puncak Rinjani anda akan mampu melihat pemandangan Gunung Tambora, Gunung Agung, Gunung Batur, dan Lautan lepas
2. Indahnya danau dalam Gunung Rinjani

4 Tips Mendaki Gunung Rinjani yang Harus Kamu Patuhi - kumparan.comRanu Kumbolo di Semeru? Danau yang keindahannya mendunia itu menjadi rebutan jutaan mata dan lensa kamera para wisatawan yang melewatinya. Tak jarang juga banyak pengunjung yang rela menempuh perjalanan jauh hanya untuk singgah dan bermalam di tengah kesunyiannya. Nah, kalau kalian udah pada ngiler dengan Ranu Kumbolo Gunung Semeru, kalian harus nyobain singgah di Segara Anak.
Menurut warga setempat, Segara Anak bermakna anak laut. Hal itu karena air danau Segara Anak terlihat kebiru-biruan seperti air laut. Warna airnya yang jernih ditambah dengan pemandangan sekeliling danau yang asyik membuat siapapun tak jemu memandangnya. Segara Anak akan mampu menghipnotis siapapun yang mengunjunginya.

3. Gunung Rinjani memiliki Anak

Gunung Batu Jari atau juga sering disebut sebagai Gunung Anak Rinjani adalah gunung baru yang terletak di kaldera sebelah timur kawasan wisata. Gunung ini terbentuk pada tahun 1944 dengan lebar kawah sekitar 170 meter dan panjang 200 meter, sedangkan ketinggiannya mencapai 2.296-2.376 mdpl.

4. Padang Savana Sembalun Lawang yang Eksotis


Pendakian Puncak Gunung Rinjani 3726 mdpl - go lombok tour 
merupakan titik permulaan pendakian menuju puncak Rinjani. Jika melewati jalur ini, kamu akan melihat padang rumput yang terbentang luas. Sembalun Lawang menyuguhkan pemandangan khas savana yang menakjubkan dengan panjang sekitar 6 kilometer perjalanan bagi pendaki. Sejauh mata memandang savana ini didominasi dengan rerumputan yang tumbuh menjulang dengan ketinggian mencapai 1 hingga 1,5 meter.


 
5.  Berendam di Goa Susu

Mengapa Goa ini diberi nama Goa Susu? itu karena air yang terdapat dalam goa berwarna putih kekuning-kuningan. Letak goa ini berada tidak jauh menuju arah selatan dari Goa Payung. Meski ukuran Goa ini tidak begitu besar dibandingkan dengan Goa Lainnya. Namun, keindahannya begitu mempesona. Selain itu, suhu air yang ada dalam gua tidak terlalu panas, inilah menjadi alasan bisa berendam berlama-lama.

6. Mendapat Penghargaan Internasional

Spot wisata ini berhasil meraih beberapa penghargaan kategori tempat wisata berbasis ekologi dan masyarakat. Penghargaan dunia yang telah diterima yakni World Legacy Award untuk kategori Destination Stewardship dari Conservation International and National Geographic Traveler pada tahun 2004.
Pada tahun 2005 TNGR masuk menjadi 3 besar Tourism for Tomorrow Award kategori Destination Award dari World Travel & Tourism Council. Sedangkan pada tahun 2007 menjadi finalis Tourism for Tomorrow Award. Selain serentetan penghargaan itu, wisata alam ini menjadi gunung dengan tata kelola terbaik di Asia Tenggara.




sumber: https://mobillombok.com/wisata/fakta-gunung-rinjani.html





8 komentar: